Resep Makanan Bayi 6 Bulan Nasi Tim Hati Ayam

Resep makanan bayi 6 bulan. Bertambah usia anak bertambah pula gizinya. Ketika anak usia 6 bulan ke atas, beberapa elemen nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan beberapa vitamin serta mineral yang terkandung dalam ASI atau susu formula tidak lagi mencukupi. Maka dari itu sejak usia 6 bulan bayi harus mendapatkan makanan tambahan untuk memenuhi nutrisinya.

Pada usia ini anak mulai diberikan makanan padat , tetapi dalam bentuk halus, misalkan bubur dan jus. Sayuran yang di jus bisa juga diberikan , buah-buah yang memilki tesur halus seperti pisang, alpukat, jeruk, dan sebagainya.

Nasi Tim Saring Hati Ayam

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Nasi Tim Hati Ayam
Bahan-bahan

  • 20 gram beras
  • 25 gram gram hati ayam
  • 25 gram tempe
  • 25 gram tomat di potong kecil
  • 25 gram daun bayam iris kasar
  • 1 sdt mentega
  • 625 cc air

Cara membuat

  1. Rebus beras, air, ati ayam, dan tempe sampai menjadi bubur
  2. Masukan bayam dan tomat hingga matang
  3. Masukkan mentega sambil diaduk
  4. Setelah dingin haluskan dengan blender atau saringan kawat
  5. lalu sajikan di tempat makan anak anda 🙂

Manfaat Hati Ayam untuk Mpasi

Mengapa Hati ayam cocok untuk MPASI?

1. Pembentukan Darah Merah
Tubuh memerlukan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sendiri merupakan pengantar oksigen serta penghasil energi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang membuat tubuh lemas dan mudah pusing. Kekurangan zat besi pada bayi bisa menyebabkan lemas, wajah pucat, nafsu makan berkurang, napas pendek dan cepat, resiko terkena infeksi menjadi meningkat.

2.Baik Untuk Penglihatan
Di dalam hati ayam terkandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Seperti yang diketahui, anak-anak membutuhkan banyak vitamin A untuk mendukung pertumbuhan penglihatannya. Dengan memenuhi kebutuhan ini, risiko kebutaan bisa dihindari. Anak-anak juga bisa mendapatkan vitamin ini dari susu formula anak. Tentu saja, perhatikan usia si kecil sebelum memberikan susu formula.

3. Mengandung Fosfor
Fosfor merupakan salah satu zat yang begitu diperlukan bagi tubuh. Tidak hanya anak-anak, namun orang dewasa hingga orang fua perlu fosfor. Fosfor merupakan zat pemberi energi yang digunakan untuk metabolisme lemak serta pati. Hal ini berguna untuk menunjang kesehatan gigi, gusi, sintesa DNA serta membantu penyerapan kalsium pada tubuh manusia.

Ketika kebutuhan tubuh akan fosfor terpenuhi, maka perkembangan anak-anak akan semakin baik dalam melewati masa-masa pertumbuhan. Mengonsumsi fosfor sejak dini merupakan cara terbaik utuk memenuhi asupan tubuh sehat mempersehat tubuh itu sendiri.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Hati ayam ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan hati ayam mengandung zinc atau seng yang berperan dalam peninkatan kekebalan tubuh. Zat ini juga bagus untuk meningkatkan nafsu makan sehingga bagus bagi anak-anak yang kerap mengalami gejala penurunan nafsu makan.

Pada orang tua, zat zinc juga begitu diperlukan sehingga orang dengan usia lanjut banyak diharapkan mengonsumsi hati ayam. Untuk konsumsi bayi, maka ibu bisa membuat hati ayam sebagai campuran bubur tim.

Selamat mencobanya di Rumah 🙂
Jika anak anda ingin di Aqiqah kami menyediakan layanan aqiqah terbaik di SolehAqiqah
Batik Fabric for Quilting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *