Macam-macam dan Manfaat Bantal Ibu Hamil

Ibu hamil sering kedapatan kesulitan untuk tidur. Karena berbagai faktor, salah satunya posisi tidur. Karena semakin besar kehamilan, kadang semkain membuat bunda tidak merasa nyaman untuk menentukan posisi tidur. Tapi , Bunda tidak perlu takut sekarang ada berbagai macam bantal ibu hamil yang dapat membuat tidur bunda menjadi nyaman.

Macam-macam dan Manfaat Bantal Ibu Hamil

Berikut manfaat dan macam-macam bantal ibu hamil untuk Bunda!

Manfaat Bantal untuk Bumil

1. Membantu Menopang Tubuh

Bantal hamil membantu menopang tubuh ibu hamil, terutama pada bagian perut, leher, paha, bahu, dan punggung. Jika Bunda merasakan sakit punggung atau tidak nyaman di bagian-bagian tubuh tersebut, cobalah untuk berbaring miring ke samping sambal menggunakan bantal ini, yang dianggap sebagai posisi terbaik untuk ibu hamil.

Bantal hamil yang berkualitas baik dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang, punggung, dan pinggang, sekaligus membantu menjajarkan pinggang, bahu, dan tulang belakang.

2. Membantu Ibu Hamil Tidur Nyenyak (Deep Sleep)

Ibu hamil dianjurkan banyak istirahat, termasuk tidur cukup untuk kesehatan janin. Desain ergonomis bantal hamil akan membantu Bunda mendapatkan posisi tidur yang lebih nyaman, sehingga akan tidur lebih lelap. Bantal hamil juga dipercaya dapat membantu janin berada di posisi yang tepat untuk proses persalinan.

Sering kali, ibu hamil yang tidak bisa tidur akan banyak bergerak di tempat tidur. Hal ini bisa saja membuat Rahim tertekan tanpa sengaja. Dengan menggunakan bantal hamil, gerakan di tempat tidur berkurang dan calon ibu mendapat tidur yang lelap dan tenang tanpa gangguan.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Dokter merekomendasikan ibu hamil untuk tidur menghadap ke kiri, karena posisi tidur berefek pada kelancaran peredaran darah. Dengan menggunakan bantal hamil, ibu hamil dapat tidur dengan posisi tersebut.

4. Relaksasi Otot

Dengan bantuan bantal hamil, Moms tidak perlu sering berganti-ganti posisi tidur, sehingga otot-otot tubuh dapat kesempatan untuk relaksasi.

5. Menurunkan detak jantung

Dengan memeluk bantal hamil, detak jantung ibu hamil secara otomatis menurun. Ibu akan lebih merasa tenang dan punya kontrol terhadap emosinya karena merasa nyaman dan tenang.

6. Mengurangi Rasa Pegal

Pra ibu hamil mungkin merasa pegal-pegal selama hamil. Ini terjadi karena ibu hamil membawa beban lebih di rahim. Kenyamanan yang didapat dari menggunakan bantal hamil bisa berkurang, bahkan hilang, lho. Tentunya hal ini didukung dengan waktu tidur yang cukup.

7. Mengatasi nyeri di tubuh

Penambahan berat selama kehamilan bisa menyebabkan stres pada bagian tubuh tertentu. Tapi dengan bantal hamil, semua rasa sakit yang ibu hamil alami tidak lagi jadi masalah. Bantal hamil juga empuk dan menambah kenyamanan selama tidur.
Baca Juga : Solusi Tidur Nyenyak Ibu Hamil

8. Mengurangi Heartburn

Ada beberapa bumil yang merasakan sensasi panas di dada atau dikenal juga sebagai heartburn selama hamil. Hal ini bisa berkurang jika Moms merasa nyaman, seperti saat menggunakan bantal hamil. Layak dicoba, bukan?

9. Mencegah tidur di posisi yang salah

Bantal hamil menjadi alat untuk mencegah ibu hamil tidur tengkurap dan di posisi yang tidak nyaman serta berbahaya.

10. Bisa dibawa bepergian

Ibu bisa membawa bantal hamil saat perjalanan jauh. Karena bisa memberi topangan di sekitar punggung bawah, bantal ini membuat Ibu terhindar dari kram. Bentuknya juga mudah dilipat dan disimpan di dalam tas/bagasi
Batik fabric for quilting

Macam-macam Bantal Bumil

1. Pregnancy body pillow

Macam-macam dan Manfaat Bantal Ibu Hamil

Pregnancy body pillow ini dengan bentuknya memanjang dari kepala hingga telapak kaki, memungkinkan Bunda bebas bergerak bahkan hingga baby bump semakin membesar.

2. U-shaped pregnancy body pillow

2. U-shaped pregnancy body pillow

Ini dia bantal yang akan ‘membungkus’ tubuh Bunda selama masa kehamilan. Bantal berbentuk U ini akan menopang tubuh kamu, terutama saat kamu ingin tidur miring pada masa trimester kedua.

3. Pregnancy wedge pillow

Macam-macam dan Manfaat Bantal Ibu Hamil

Bantal ini terbilang lebih kecil dan lebih fleksibel di bawa kemana-mana, dan  pastinya lebih murah lho. Gunanya untuk melindungi perut dan punggung bunda agar nggak terasa pegal ketika sedang tidur.

4. Memory foam Pregnancy pillow

4. Memory foam Pregnancy pillow

Jika Mama terbiasa tidur dengan bantal yang super empuk, bantal jenis ini harus ada saat Mama sedang hamil.

Posisikan bantal di depan perut, di belakang punggung, atau di antara kedua kaki. Dan, nikmati setiap kenyamanannya!

5. Pillow for stomach sleepers

5. Pillow for stomach sleepers

Saat perut sudah sangat besar, rasanya gerak jadi sangat minim. Bayangkan, selama 9 bulan Bunda akan merindukan tidur tengkurap.

Kini, tidur tengkurap bukan lagi mimpi Bun. Berkat adanya pillow for stomach sleepers.

Bunda akan merasakan tidur tengkurap. Bantal kehamilan ini dilengkapi dengan sebuah lubang di tengahnya.

Terdapat juga jenis  bantal ini yang bisa ditiup, jadi Mama bisa sesuaikan jumlah udara di dalamnya dengan kenyamanan Mama saat sedang bersantai.

6. C Shaped Full Body Pillow

6. C Shaped Full Body Pillow

 

Desain bantal berbentuk huruf C ini akan membuat tubuh Mama saat hamil akan ‘dibungkus’ dengan baik saat di atas tempat tidur.

Bantal ini akan membantu punggung, pinggul, lutut, leher dan pastinya perut Mama terasa rileks saat beristirahat.

7. Pregnancy belt pillow

7. Pregnancy belt pillow

Jika bunda ingin memiliki bantal hamil yang nggak terlalu besar, dan hanya dipakai oleh Mama, Belt pillow dengan merek Babymoov Dream Belt ini cocok banget untukmu.

Bantal ini digunakan layaknya ikat pinggang namun dilengkapi dengan bantal di depannya. Bantal ini didukung dengan busa pada masing-masing sisi yang dapat memberikan kenyamanan bagi ibu hamil.

Berkat sistem hook and loop serta kain katunnya yang lembut dan elastis, dream belt ini dapat disesuaikan dengan usia kehamilan.

Bunda bebas memilih bantal sesuai dengan kebutuhan bunda, salam sehat! 🙂
Layanan Aqiqah Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published.