10 Buah utk Ibu Hamil yang Kaya Manfaat

Buah merupakan makanan yang penting pada kehamilan. Buah utk ibu hamil sebenarnya banyak sekali, tetapi Bunda tetap harus memilih mana buah yang boleh dimakan dan ketahui juga kandungan nutrisinya.

Tak bisa dipungkiri ada beberapa buah yang memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil.  Nah, untuk tahu lebih jauh, Mari kita bahas!

Nutrisi dalam buah memang sangat beragam, seperti vitamin C, beta-karoten, asam folat, kalium, dan serat. Nutrisi-nutrisi tersebut berperan penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Oleh karena itu, Bumil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2-4 porsi buah per hari.

Batik fabric for quilting

Manfaat 10 Buah untuk Bumil

1. Mangga

10 Buah utk Ibu Hamil yang Kaya Manfaat

Mangga merupakan buah yang kaya kandungan vitamin A dan C. Kandungan vitamin A dalam mangga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin. Selain itu, hanya dengan mengonsumsi satu mangkuk mangga, Bumil sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

2. Apel

10 Buah utk Ibu Hamil yang Kaya Manfaat

Serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium merupakan nutrisi andalan di dalam buah apel, yang sangat baik untuk ibu hamil. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko terjadinya asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang rutin mengonsumsi apel selama hamil.

3. Pisang

10 Buah utk Ibu Hamil yang Kaya Manfaat

Pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil, karena pisang mengandung banyak kalium, mineral penting yang bermanfaat sebagai pemasok energi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang sering mengalami mual-mual. Kandungan lain yang terdapat pada pisang adalah vitamin C, vitamin B6, dan serat. Pisang dapat dikonsumsi dengan cara mengkombinasikannya bersama buah lain atau dicampur dengan yoghurt.

4. Alpukat

Dibandingkan buah lain, alpukat memiliki lebih banyak kandungan asam folat. Selain itu, alpukat juga sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, dan magnesium. Mengonsumsi alpukat selama kehamilan bermanfaat untuk mengurangi keluhan kaki kram dan morning sickness, serta mendukung perkembangan otak janin.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat. Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Selain itu, kandungan air yang cukup tinggi di dalam buah jeruk dapat menghindarkan Bumil dari dehidrasi selama kehamilan.

6. Nanas

Nanas banyak dihindari ibu hamil karena dianggap dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran. Namun, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa nanas membahayakan kehamilan.

Kandungan enzim bromelain dalam nanas memang bisa memicu kontraksi jika dikonsumsi terlalu banyak, namun tidak sampai memicu persalinan.

Nanas justru kaya akan vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, dan magnesium yang baik untuk kehamilan serta janin. Meski demikian, hindari mengonsumsi nanas secara berlebihan.

7. Anggur

Anggur adalah buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung magnesium, folat, dan sejumlah vitamin. Kandungan magnesiumnya bermanfaat untuk mengurangi kram selama kehamilan. Sedangkan kandungan zat gizi lainnya mampu memberikan efek positif pada pencernaan dan metabolisme ibu hamil.

8. Kurma

Buah kurma memiliki kandungan glukosa tinggi, yaitu antara 60-70 persen, sehingga sangat baik untuk memenuhi asupan energi harian ibu hamil. Kurma juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, misalnya vitamin B kompleks, zat besi, dan kalium. Buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rangsangan syaraf dan sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.

9. Buah-buahan berry

Buah Berry adalah buah yang baik untuk ibu hamil. Pasalnya, dalam beberapa buah berry banyak mengandung kalium, folat, dan vitamin C. Kalium pada buah berry dapat menjaga tekanan darah diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot.

Sedangkan kandungan folat dan vitamin C pada buah-buahan berry dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Buah berry juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan ibu hamil.

10. Semangka

Sama seperti jeruk, semangka juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu hamil tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, semangka juga sarat akan vitamin, magnesium, dan potasium, yang bermanfaat untuk mengurangi kram otot yang umumnya dialami ibu hamil saat trimester terakhir.

Sebelum mengonsumsi buah-buahan di atas, pastikan Bumil sudah mencucinya hingga benar-benar bersih. Gosok permukaan buah dengan sikat dan air mengalir selama beberapa saat.

Jika buah-buahan tersebut dirasa belum cukup memenuhi nutrisi selama hamil, Bumil dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan guna mendapatkan saran mengenai jenis asupan nutrisi lain yang dibutuhkan.

Layanan Aqiqah Solo

1 thought on “10 Buah utk Ibu Hamil yang Kaya Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *