15 Buah yang baik untuk Ibu Hamil

Ada banyak buah yang baik untuk ibu hamil yang direkomendasikan selama kehamilan. Buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang sehat untuk ibu hamil. Tapi Bumil mungkin bingung, buah mana yang baik untuk dikonsumsi? Nah, supaya tidak bingung lagi, yuk, simak penjelasan berikut mengenai jenis buah yang baik untuk ibu hamil. Simak ya, Bunda!

15 Buah yang baik untuk Ibu Hamil

1. Jeruk

Selanjutnya adalah buah jeruk. Buah sehat yang satu ini kaya akan vitamin C, folat serta air di dalamnya. Buah yang satu ini juga mudah ditemukan di lingkungan sekitar dengan harga yang murah.

Adapun kandungan jeruk yang berupa vitamin C bagus dijadikan sebagai antioksidan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Kandungan yang satu ini juga bagus untuk membantu terjadinya penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Sementara nutrisi lainnya yang berupa folat, bagus untuk mencegah terjadi kecacatan otak pada janin serta mencegah kelainan pada saraf tulang belakang. Jeruk juga kaya akan air yang bagus untuk menghindarkan ibu hamil dari yang namanya dehidrasi.

2. Pisang

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Buah yang satu ini kaya akan kalium serta mineral penting bagi kesehatan terutama untuk ibu hamil.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ibu hamil bisa mengonsumsi pisang dengan cara mencampurnya menggunakan yogurt ataupun jenis buah yang lain. Uniknya lagi, buah pisang juga bagus untuk mengurangi mual-mual yang seringkali dialami oleh ibu hamil.Ibu hamil juga bisa mendapatkan kandungan pisang yang baik lainnya seperti vitamin B6 serta serat yang bagus untuk pencernaan.

3. Alpukat

Alpukat menjadi buah untuk ibu hamil yang selanjutnya. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan folat. Selain folat, alpukat juga mengandung serat, kolin, kalium hingga magnesium di dalamnya.

Kandungan kalium dan magnesium berguna dalam meredakan mual yang seringkali ibu hamil alami. Ibu hamil juga bisa mengandalkan alpukat untuk mengatasi gangguan berupa kram yang seringkali dikeluhkan selama kehamilan. Selain enak dikonsumsi langsung, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus.

4. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah untuk ibu hamil yang banyak difavoritkan. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan sehat berupa vitamin A serta vitamin C di dalamnya. Konsumsi buah mangga bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C hingga mengurangi terjadinya sembelit. Buah mangga juga memiliki rasa manis sehingga cocok bagi ibu yang tengah ingin makan sesuatu yang manis.

5. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah untuk ibu hamil dengan rasa yang enak serta mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar. Konsumsi buah apel juga bagus untuk ibu hamil karena banyaknya nutrisi yang dikandungnya.

Anda bisa mendapatkan banyak kandungan sehat dari apel mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E. zinc dan serat.

Konsumsi apel juga bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi apel yang dilakukan secara teratur juga baik untuk mengurangi resiko asma hingga terjadinya alergi.

6. Anggur

Selanjutnya adalah buah anggur. Jenis buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan ketika kehamilan. Ragam nutrisi yang dimaksud antara lain adalah folat, magnesium hingga sejumlah vitamin lainnya.

7. Semangka

Buah semangka identik dengan banyaknya kandungan air di dalamnya. Tidak heran jika buah yang satu ini bagus untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Selain kaya akan air, semangka juga mengandung banyak magnesium, vitamin serta potasium di dalamnya. Ragam kandungan tersebut bagus untuk mengurangi terjadinya kram otot yang banyak terjadi pada trisemester terakhir di masa kehamilan.

8. Buah Naga

Selanjutnya adalah buah naga yang bisa diandalkan sebagai penambah nutrisi di masa-masa kehamilan. Buah naga mengandung asam folat yang penting untuk kesehatan ibu dan janinnya. Manfaat folat sendiri sangat beragam dimana salah satunya adalah untuk membantu melindungi bayi terlahir cacat.

Selain folat, buah naga juga memiliki kandungan sehat lainnya yang tidak boleh dilewatkan seperti halnya vitamin A. Jenis vitamin ini berguna untuk membuat kulit anak tetap sehat. Selain itu, vitamin A juga memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan mata anak. Tidak heran jika konsumsi buah naga bagus untuk meningkatkan penglihatan hingga membantu melawan gangguan infeksi yang mengganggu tubuh.

9. Pir

Buah untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah buah pir. Jenis buah yang satu ini kaya akan serat dan juga folat di dalamnya. Pir juga mengandung banyak air yang menghindarkan seseorang dari gangguan dehidrasi.

10. Kurma

Jenis buah selanjutnya yang bagus untuk ibu hamil adalah buah kurma. Kurma mengandung banyak glukosa yang cukup tinggi mencapai 60 sampai dengan 70 persen di dalamnya. Kandungan tersebut bagus untuk memenuhi asupan energi harian yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Kurma juga bagus dimakan semasa kehamilan lantaran mengandung zat besi, vitamin B komplek hingga kalium. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan dari kurma bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi hingga meningkatkan terjadinya rangsangan syaraf.

Ada begitu banyak jenis buah yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Selain ragam buah di atas, tentu masih banyak buah lainnya yang sebaiknya dikonsumsi.

11. Delima

Salah satu buah untuk ibu hamil yang jarang dikonsumsi adalah delima. Padahal, buah ini mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan serat yang sangat baik untuk ibu dan janin.

12. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi, dan raspberi, mengandung berbagai zat yang baik untuk ibu hamil, seperti karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat.

13. Buah fig

Buah fig atau buah ara ini memang jarang dijumpai di Indonesia. Namun, jika Anda berhasil mendapatkannya, janganlah ragu untuk mengonsumsi buah ini ketika hamil. Pasalnya, buah ini mengandung banyak serat, kalium, kalisum, hingga fosfor.

14. Labu

Bagian labu yang dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil justru adalah bijinya. Biji labu, merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, biji labu juga mengandung natrium, kalium, fosfor, serta kalsium.

15. Lemon

Mengonsumsi air lemon atau menghisap lemon, disebut dapat membantu meredakan mual pada ibu hamil. Lemon juga tinggi akan kandungan vitamin C dan dapat membantu melancarkan penceranaan.

Tips Memilih Buah untuk Ibu hamil

Ada beberapa tips memilih buah yang baik untuk ibu hamil. Beberapa tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kaya akan vitamin C
Tips yang pertama adalah ibu bisa memilih jenis buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri sangat dibutuhkan di kala kehamilan terjadi. kandungan yang satu ini bagus untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi serta memiliki beragam manfaat yang lainnya.

2. Kaya akan folat
Konsumsi folat secara cukup bagus untuk mencegah bayi terlahir cacat otak hingga sumsum tulang belakang. Beberapa jenis buah yang kaya akan kandungan folat antara lain adalah alpukat, jeruk serta jus pepaya. Konsumsi buah tersebut untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Kandungan serat tinggi
Buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah yang kaya akan serat. Serat sendiri bagus untuk mengurangi resiko terjadiya sembelit hingga mengurangi terjadinya wasir. Beberapa jenis buah yang kaya akan kandungan seratnya adalah pisang, kiwi, pepaya, pir, apel dan buah jeruk.

Selain jenis buah untuk ibu hamil di atas, Bunda juga bisa mengonsumsi jenis buah dengan kandungan kalium tinggi. Untuk mendapatkan buah yang segar dan segar untuk penuhi nutrisi selama kehamilan, maka Bunda bisa membelinya di situs RegoPantes.

Belanja online di sini tentu akan membantu Anda mendapatkan aneka buah segar berkualitas, tentunya juga beragam. Sehingga Bunda tak perlu khawatir lagi untuk stok di rumah dalam waktu agak lama. Semua aneka buah yang tersedia di RegoPantes dipasok langsung dari petani.

Selain itu, Anda dapat berbelanja praktis sayur dan bahan dapur lain. Belanja di RegoPantes akan lebih praktis tanpa harus membuat Bunda keluar rumah karena semua belanjaan akan diantar langsung ke rumah dan pastinya harganya lebih terjangkau.

Adakah buah yang harus dihindari ibu hamil?

Secara umum, tidak ada buah yang harus dihindari ibu hamil. Namun, yang perlu diperhatikan adalah porsi saat mengonsumsinya. Beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga perlu dibatasi.

Anda juga disarankan untuk membeli buah organik, agar terbebas dari risiko berkontak dengan pestisida dan bahan berbahaya lainnya. Agar buah yang dikonsumsi lebih aman, perhatikan juga hal-hal berikut ini:

Buang bagian buah yang terlihat busuk, karena bagian ini berisiko mengandung bakteri
Jika menyimpan buah di kulkas, letakkan di area yang terpisah dari daging mentah
Sebaiknya jangan mengonsumsi melon yang sudah dikupas sejak dibeli di supermarket
Saat mengonsumsi jus buah, pastikan dalam keadaan steril

Dengan begitu banyaknya pilihan buah untuk ibu hamil, Anda tentu tidak perlu bingung lagi untuk memasukkannya ke dalam menu harian Anda. Selain buah, jangan lupa juga untuk menyantap makanan bergizi lainnya.

Layanan Aqiqah Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published.