Makan Sehat Ibu Hamil Tiap Semester

Apa saja Makan Sehat Ibu Hamil? Pada trimester pertama, kebanyakan Ibu mengalami mual muntah atau biasa di sebut “morning sickness”. Kondisi ini membuat Ibu menjadi susah makan karena setiap makanan yang masuk pasti akan keluar lagi. Walaupun begitu Ibu tidak boleh menyerah ya, karena nutrisi pada trimester pertama sangatlah penting untuk kehidupan bayi selanjutnya, karena pada trimester pertama terdapat pembetukan otak dan sel-sel tubuh lainnya. Bahaya sekali kan bun, jika pada trimester pertama ini bunda dan janin kekurangan nutrisi dari makanan sehat.

Pertumbuhan dan perkembangan anak ditentukan oleh kondisi janin saat didalam kandungan dan asupan zat gizi makanan Ibu selama kehamilan. Bunda dengan asupan makanan kurang saat hamil akan mengalami gangguan pertumbuhan dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Tapi makan sehat ibu hamil bukan berarti porsi nya dua kali lipat ya bun, jangan percaya mitos!”Bahwa ibu hamil harus makan dua kali lipat , karena sedang berbadan dua” Ibu yang gemuk bukan berarti melahirkan bayi yang gemuk juga. Malah ketika ibu kegemukan masalah setelah melahirkan adalah kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Jadi bagaimana cara mengonsumsi makan sehat ibu hamil dengan tepat sasaran?
Konsepnya masih sama yaitu 4 sehat 5 sempurna.

Porsi Tepat Makan Sehat dan Gizi Seimbang

GIZI SEIMBANG adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teraturdalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Ganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Pedoman Gizi Seimbang ...

Manfaat makanan bergizi untuk ibu hamil,  sebagai berikut yaitu :

  1. Memenuhi kebutuhan bagi ibu dan bayi dalam kandungannya selama masa kehamilan.
  2. Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.
  3. Sebagai sumber tenaga bagi ibu dan janinnya.
  4. Mengurangi komplikasi dan resiko pada ibu hamil seperti halnya perdarahan post partum.
  5. Mencegah terjadinya berat badan lahir rendah (BBLR) dan berat badan lahir sangat rendah pada janin.
  6. Menghindari dan mencegah terjadinya infeksi pada waktu persalinan

Penambahan kebutuhan gizi Ibu Hamil

Kebutuhan gizi untuk ibu hamil setiap harinya ditambah sesuai dengan usia kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan dan pertumbuhan janin. Berikut merupakan jumlah penambahan yang harus dipenuhi selama hamil:

DIAFI

JUMLAH ATAU PORSI DALAM 1 KALI MAKAN

Merupakan suatu ukuran atau takaran makan  yang dimakan tiap kali makan

DIAFI

FREKUENSI MAKAN DALAM SEHARI

FREKUENSI MAKAN merupakan seringnya seseorang melakukan kegiatan makan dalam sehari baik makanan utama atau pun selingan, sebanyak 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan atau porsi kecil namun sering dan harus sesuai porsi dibawah ini:

        porsi perhari

Makan Sehat Ibu hamil yang diperlukan tiap Semester

Pada masa kehamilan dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengadung zat gizi seimbang tertentu sebagai penunjang kesehatan ibu dan janin  maupun untuk keperluan perkembangan dan pertumbuhan janin. Berikut ini merupakan Makan Sehat Ibu Hamil Tiap Semester :

           TS 1

TS2
         TS3

Semoga bermanfaat , tetap jaga kondisi dan kesehatan ya Bunda ..

Layanan aqiqah solo
Untuk info lebih lanjut 0857 2524 4787 Pak Soleh

1 thought on “Makan Sehat Ibu Hamil Tiap Semester

Leave a Reply

Your email address will not be published.