Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Ternyata ini faktanya

Cuaca yang panas seringkali membuat kita ingin meneguk dan menikmati segarnya segelas air es yang dingin. Begitu pun yang seringkali dirasakan oleh para ibu hamil. Sayangnya, Bolehkah ibu hamil minum es? berbagai desas desus beredar bahwa minum es saat hamil dapat membuat ukuran bayi menjadi terlalu besar yang akan menyulitkan persalinan. Akibatnya, beberapa ibu hamil pun menjadi takut melakukannya.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Ternyata ini faktanya

Lantas pertanyaannya, benarkah hal tersebut?

Dilansir dari alodokter, meminum es pada masa kehamilan tisak berpengaruh pada kandungan dan berat badan janin. Mari kita bahas mitos dan fakta tentang hal ini.

Mitos dan Fakta Minum Es Saat Hamil

Beberapa mitos tentang ibu hamil minum es. Salah satunya adala dapat membuat bayi kedinginan, bayi sakit, atau lahir dengan ukuran berat badan yang besar.

Faktanya adalah …

Ukuran dan berat badan bayi tidak dipengaruhi suhu minuman atau makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil. Bayi dapat terlahir dengan ukuran dan berat badan yang besar jika:

1. Faktor Genetik
Memiliki faktor keturunan atau genetik untuk tubuh yang besar. Orang yang besar berkemungkinan untuk melahirkan bayi yang besar. Ibu hamil menderita diabetes gestasional.

2. Ibu hamil memiliki riwayat melahirkan bayi dengan berat badan besar.
Bayi besar adalah bayi yang berat badan lebih dari 4000 gram atau di sebut makrosomia.

3. Bayi lahir melebihi waktu HPL
Kehamilan lewat HPL lebih memiliki kemungkinann untuk berat badan lebih.

Pada dasarnya air es tidak ada kaitannya dengan bayi dalam rahim ibu. Berapapun temperatur dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, bahan-bahan tersebut akan mengkondisikannya dengan suhu tubuh ketika sampai di perut. Sebenarnya yang harus di waspadai membuat bayi besar atau memiliki berat badan yang lebih adalah kandungan gula dan kalori yang terdapat dalam minuman Es Bunda.

Perhatikan kandungan gula dan kalori yang ada dalam minuman yang anda konsumsi tersebut, baik itu es sirup, es teh manis ataupun minuman bersoda. Sebab bahan yang menyertai minuman es tersebutlah yang sebenarnya mengambil peran dalam membuat bayi lahir dengan bobot tubuh yang lebih besar daripada kondisi yang normal.

Minum es ternyata memiliki manfaat yang baik untuk janin, bunda!
Batik Fabric wholesale with low price and 100% cotton

Manfaat Ibu Hamil Minum Es

Sebaliknya, minum air es saat hamil justru memiliki beberapa manfaat bagi kehamilan, yaitu :

mencegah tubuh ibu hamil kepanasan, serta membantu merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan. Bayinya terasa segar berenang di dalam perut ya Bund 🙂

Jika Bumil khawatir karena tidak merasakan pergerakan Si Kecil seperti biasa, minum es dapat merangsangnya untuk bergerak. Saat minum es, suhu dingin bisa dirasakan oleh bayi sehingga merangsangnya untuk bergerak.

Tips Minum Es untuk Ibu Hamil

1. Jangan lupa untuk selalu memastikan kebersihan dan keamanan es yang akan Anda konsumsi saat hamil
2. Hindari untuk mengonsumsi es yang terbuat dari air yang belum dimasak atau terkontaminasi. Atau Bunda bisa membuat es sendiri di rumah dengan menggunakan air matang.
3. Bila Anda ingin minum es saat hamil, lebih baik tidak mengonsumsi minuman dengan es batu. Melainkan minuman es di dalam kemasan seperti botol atau kaleng yang telah didinginkan terlebih dahulu. Pastikan bila kemasan tidak rusak dan terkontaminasi.

Akan tetapi meski terkait dengan asupan minuman untuk ibu hamil, sebenarnya yang menjadi kunci dari keselamatan janin dalam kandungan ibu hamil adalah pola makan dan hidup sehat Bunda. Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat. Konsumsi secukupnya, karena seala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Terimakasih, Salam Sehat! 🙂
Solehaqiqah Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *