Ibu Hamil Makan Nangka, Bisa keguguran?

Ibu hamil makan nangka, bolehkan atau tidak ya Bunda? Mungkin hal ini menjadi pertanyaan sebagian besar ibu hamil. Sebenarnya, nangka merupakan buah yang dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena nangka mengandung berbagai mancam vitamin dan nutrisi.

Dilansir dari Food Revolution, nangka memiliki banyak vitamin dan nutrisi . Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah nangka sebagai berikut :

  1. Vitamin A
  2. vitamin C
  3. Tiamin
  4. Riboflavin
  5. Kalsium
  6. Kalium
  7. Zat besi
  8. Natrium
  9. Seng
  10. Niasin
  11. Antioksidan

Meski informasi tentang tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam nangka sudah banyak dikenal, namun tak sedikit ibu hamil yang ragu mengonsumsi buah tersebut karena khawatir akan efek sampingnya.

Padahal sejauh ini, belum ada penelitian maupun literatur yang mengungkapkan bahwa ada kaitan antara konsumsi nangka dengan efek buruk terhadap kehamilan, salah satunya adalah keguguran.

Bisa dikatakan informasi-informasi tersebut hanya mitos belaka. Yang terpenting, konsumsi buah ini sewajarnya saja dan tidak berlebihan ya Bun. Karna sesuatu yang  berlebihan memilki efek yang tidak baik

Vitamin C (asam askorbat) adalah pemulung radikal bebas yang larut dalam air. Tunjangan diet yang direkomendasikan setiap hari adalah 60 mg
nutrisi. Nangka memiliki kandungan kalori yang rendah: 100 g nangka
hanya mengandung 94 kalori (Mukprasirt dan Sajjaanantakul 2004).

Nangka merupakan sumber kalium yang kaya dengan 303 mg ditemukan dalam 100 g
nangka. Studi menunjukkan bahwa makanan kaya potasium membantu
darah rendah. Nangka mengandung fitonutrien: lignan, isoflavon, dan
saponin yang memiliki manfaat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, bisa melawan tukak lambung, dan bisa memperlambat
menurunnya degenerasi sel-sel yang membuat kulit tampak muda dan
riwayat hidup.

SolehAqiqah Solo

Manfaat yang didapat bila ibu hamil makan nangka

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat jika ibu hamil makan nangka:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Nangka adalah buah yang kaya akan vitamin A, B, dan C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, nangka bermanfaat untuk menurunkan risiko infeksi.

2. Melancarkan pencernaan
Sembelit atau susah BAB merupakan hal yang sering terjadi pada ibu hamil. Ini dikarenakan peningkatan kadar progesteron. Nangka mengandung serat yang tinggi. Serat ini akan membantu melancarakan pencernaan dan mengurangi sembelit. Selain itu, nangka juga memungkinkan ibu hamil memenuhi kebutuhan serat harian.

3. Mengontrol tekanan darah
Buah nangka mengandung kalium yang dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Karena tekanan darah yang naik terlalu tinggi selama hamil dapat membahayakan kesehatan Bunda dan Janin.

5. Mencegah anemia
Kadar folat dan zat besi yang tinggi pada buah ini, dapat membantu ibu hamil menormalkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia. Ibu hamil yang memiliki anemia akan beresiko mengalami pendarahan pada saat melahirkan. Waspada ya bun ..

6. Manjaga kesehatan tulang
Kandungan magnesium dalam buah nangka meningkatkan kesehatan tulang pada ibu dan janin.

7. Sumber energi
Kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil kerap merasa lemas dan lesu karena meningkatnya kebutuhan energi. Jika Bunda juga mengalaminya, makan nangka dapat mengembalikan semangat karena menjadi sumber energi yang baik. Karena nangka memiliki gula alami (fruktosa dan sukrosa) yang akan memberi energi bagi tubuh ibu hamil.

Risiko yang bisa terjadi jika ibu hamil makan nangka

1. Dapat menyebabkan alergi
Jika ibu hamil belum pernah makan nangka, kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk mencoba mengonsumsi nangka. Hal ini karena nangka dikhawatirkan dapat menyebabkan alergi.

2. Gangguan pencernaan
Konsumsi nangka yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare, hal ini karena nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

3. Pengentalan darah
Jika Anda memiliki risiko kelainan pengentalan darah, hindari konsumsi nangka selama kehamilan karena dapat meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah.

4. Meningkatkan kadar gula darah
Kandungan gula alami pada nangka dapat dengan mudah mempengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, tidak tepat untuk mengonsumsi nangka jika Bunda menderita diabetes gestasional (diabetes selama kehamilan).

Konsumsi buah nangka sebenarnya justru dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi ibu hamil, termasuk salah satunya untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan di trimester kedua dan ketiga.

Tips Makan Buah Nangka untuk Ibu Hamil

1. Nangka bisa dikonsumsi dengan berbagai bentuk , baik keripik, buah , ataupun bentuk lainnya
2. Pilih buah nangka yang aromanya wangi. Biasanya buah nangkanya sudah kuning, manis, dan tidak banyak getahnya
3. Makan buah nangka secukupnya, jangan berlebihan

Kesimpulannya, konsumsi buah nangka yang dapat menyebabkan keguguran hanya mitos dan belum memiliki bukti ilmiah. Konsumsi buah nangka jika dalam jumlah yang wajar atau tidak terlalu banyak baik bagi kesehatan, sementara jika berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek tertentu.

Terimakasih

Batik fabric for quilting

Leave a Reply

Your email address will not be published.