Makanan untuk Ibu Hamil yang Harus di Penuhi!

Makanan yang baik untuk ibu hamil sebaiknya mengandung beberapa nutrisi yang harus di penuhi.  Bunda harus memastikan bahwa kebutuhan gizi Bunda dan janin terpenuhi dengan baik. Karena gizi yang tercukupi berpengaruh pada tumbuh kembang janin.

 

Makanan untuk Ibu Hamil yang Harus di Penuhi!

Dengan asupan gizi ibu hamil yang baik, risiko komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi, penyakit kronik di masa yang akan datang dapat berkurang. Berat badan serta tumbuh-kembang bayi sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan status kesehatan ibu di masa kehamilannya.

Mari kita bahas nutrisi apa saja yang diperlukan oleh bunda dan makanan apa aja yang bisa bunda konsumsi. Yuk mari kita bahas.

1. Kalsium

Kalsium adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menciptakan tulang yang kuat dan pembentukan sel-sel organ tubuh pada bayi, janin, dan ibu. Makanan sehat untuk ibu hamil satu ini merupakan nutrisi penguat tulang ibu serta janin. Itulah alasannya banyak praktisi dan ilmuwan yang menganjurkan untuk setiap ibu hamil dan menyusui untuk minum susu. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib mencukup minimal 1000 mg kalsium per hari.

2. Karbohidrat & Serat

Karbohidrat dibutuhkan untuk menjamin energi si ibu dan mendukung perkembangan bayi dan janin. Ibu hamil dapat memakan makanan yang memiliki sumber karbohidrat juga kaya akan serat. Pasalnya karbohidrat dan serat merupakan nutrisi sebagai sumber energi untuk beraktivitas.

3. Asam Folat (Folic Acid), Nutrisi yang Dibutuhkan Untuk Perkembangan Otak

Asam folat. Pasalnya, asam folat menjamin terbentuknya struktur saraf yang baik di dalam tubuh janin dan bayi. Jumlah sel darah putih dan merah dari tubuh janin dan bayi juga bisa seimbang dengan asupan asam folat. Setiap hari, ibu mesti mencukupi 0.4 miligram asam folat.

4. Lemak Sehat

Lemak sehat bisa diartikan sebagai lemak tak jenuh. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan bayi. Selain itu, lemak sehat ini juga baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dan bayi. Namun, konsumsi lemak ini perlu dibatasi dan disikapi dengan bijak agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan si ibu.

5. Mineral (Yodium & Zat Besi)

Dalam tubuh ibu dan bayi, terdapat sebuah kelenjar yang berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh, yaitu kelenjar tiroid. Untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid ini, perlu mengonsumsi makanan yang memiliki asupan Yodium yang cukup. Asupan Yodium yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang mendukung perrtumbuhan otak bayi. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk mencegah janin, bayi, atau ibu mengalami anemia saat hamil dan menyusui. Selain itu, zat besi juga dapat menstimulasi produksi ASI yang lebih maksimal.

6. Vitamin (A, B6, B12, C, dan D)

Tak hanya tubuh si ibu, janin dan bayi juga membutuhkan vitamin pendukung untuk mendukung pertumbuhannya. Vitamin memegang peranan penting dalam menguatkan sistem imun tubuh, menyehatkan pencernaan, dan membantu mendukung pertumbuhan tubuh janin, bayi dan ibu.

Setelah mengetahui gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, berikut ini rangkuman makanan sehat untuk ibu hamil yang berguna untuk kesehatan.

Makanan untuk ibu hamil harus di penuhi

Makanan untuk Ibu Hamil yang Harus di Penuhi!

1. Gandum atau Nasi Merah
Jangan lupa melengkapi asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh dengan gandum. Gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung serat, vitamin E, serta selenium yang sangat bagus untuk membantu perkembangan janin di perut. Jika tidak suka gandum, Anda bisa menggantinya dengan nasi merah.
2. Ubi
Ubi merupakan makanan yang penuh serat bergizi. Selain itu, ia juga mengandung vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, serta beta-karoten. Kandungan yang terdapat dalam ubi ini baik untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi.Bahkan dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

3. Kacang-Kacangan

Saat hamil, beberapa perempuan umumnya mengalami masalah pencernaan seperti wasir atau konstipasi (susah BAB). Untuk itu, anda disarankan banyak-banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, makanan sehat untuk ibu hamil ini juga diperkaya dengan zat kalsium, folat, zat besi, dan seng.

4. Daging tanpa lemak

Ibu hamil sangat membutuhkan protein untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan baik. Daging adalah sumber protein yang baik serta membantu menyuplai dosis vitamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Dalam makanan sehat untuk ibu hamil ini juga terdapat vitamin B12 juga yang fungsinya membantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah.

5. Telur

Saat sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, ibu hamil sangat disarankan untuk menambah asupan protein yang bisa diperoleh dari telur. Telur merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya zat kolin yang sangat baik untuk membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi

6. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik dan makanan sehat untuk ibu hamil. Asam lemak omega-3 (alias DHA dan EPA) dalam ikan ini, membantu otak bayi untuk berkembang serta meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi risiko masalah neurologis si kecil di kemudian hari.

7. Brokoli

Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah brokoli. Pasalnya, berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat pada brokoli seperti zat besi, asam folat, dan kasium baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Kandungan zat besi yang terdapat pada brokoli misalnya bermanfaat dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Selain itu, kandungan asam folat pada brokoli juga bermanfaat dalam melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.

8. Pisang

Pisang menjadi makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada pisang bermanfaat bagi perkembangan syaraf dan pembentukan sel darah merah pada ibu hamil. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang juga bermanfaat dalam mengurangi risiko alami kaki bengkak yang mungkin terjadi selama trimester ketiga.

9. Susu dan produk turunannya

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah susu dan produk turunannya. Susu dan produk olahan susu, seperti yogurt, kaya akan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.

10. Kelapa

Kelapa mengandung banyak lemak baik. Lemak ini akan membantu memenuhi kebutuhan energi Anda. Anda bisa menyajikan makanan sehat untuk ibu hamil ini secara mentah atau menambahkannya ke hidangan lain.

11. Air

Minum cukup air dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini lebih kurang 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Cairan ini juga bisa didapatkan dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu. Namun, usahakan untuk selalu menjadi air putih sebagai pilihan utama. Pasalnya, beberapa minuman seperti minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau kenaikan berat badan.

Tips pola makanan sehat utk ibu hamil

Setelah mengetahui kandungan gizi dalam makanan sehat untuk ibu hamil. Berikut adalah tips pola makan sehat untuk ibu di masa kehamilan.

  1. Pilihlah variasi makanan dari tiap kelompok makanan yang berbeda, untuk menjamin keseimbangan nutrisi yang ibu dapatkan.
  2. Konsultasikan penggunaan suplemen kehamilan pada dokter jika ibu merasa kurang mengonsumsi makanan dari kelompok tertentu.
  3. Makan teratur 3 kali sehari dan konsumsi makanan ringan sebagai selingan 2 sampai 3 kali sehari. Dapatkan serat dari buah, sayur, gandum, sereal dan kacang-kacangan.
  4. Minumlah air mineral sedikitnya 8 gelas sehari. Di tambah susu rendah lemak , jus buah segar dan sup.
  5. Makan satu porsi ikan kaya minyak yang mengandung omega-3 dan satu porsi ikan daging putih setiap minggu.

Salam Sehat!
Layanan Aqiqah Solo

1 thought on “Makanan untuk Ibu Hamil yang Harus di Penuhi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *