Vitacimin untuk ibu hamil, Bahaya atau tidak?

Sebenarnya vitamin C adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena berbagai manfaat yang dikandungnya. Tetapi apakah vitamin C untuk ibu hamil hanya bisa di dapatkan dari bahan-bahan alami, seperti buah dan sayur?

Vitacimin untuk ibu hamil, Bahaya atau tidak?

Mari kita bahas~!

Kekurangan vitamin C pada ibu hamil bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan yang serius di otak janin. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen yang dipublikasikan di Plus One, menyebutkan 10–20 persen ibu hamil tidak mendapat asupan vitamin C yang memadai.

Kondisi ini dapat menghambat perkembangan hipokampus bayi sehingga mencegah otak dari perkembangan yang optimal. Kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil memang sangat penting karena ketika kerusakan otak janin sudah terjadi tidak mungkin untuk mengembalikannya menjadi normal seperti semula. Bahkan, ketika vitamin C diberikan kepada bayi setelah lahir. Tidak akan ada perubahan yang terjadi.

Karenanya menjaga asupan vitamin C selama masa kehamilan sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan, baik kepada ibu hamil dan janin dalam kandungan. Sejatinya vitamin C untuk ibu hamil bisa berasal dari diet sehat dan seimbang serta vitamin prenatal.
Batic fabric for quilting

Apakah vitacimin boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Rekomendasi vitamin prenatal bervariasi tergantung dengan kebutuhan ibu hamil. American Pregnancy Association merekomendasikan batasan 80–85 miligram setiap hari. Sedangkan Medline Plus National Institutes of Health, menyarankan ibu hamil mengonsumsi 120 miligram setiap hari.

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Dengan aktivitas dan rutinitas harian yang padat, asupan rutin Vitamin C sangat diperlukan. Baik yang berasal dari buah dan sayuran, ataupun dari suplemen. Pilih suplemen Vitamin C dengan dosis yang tepat sesuai kebutuhan.

Vitacimin merupakan tablet hisap yang didalamnya mengandung vitamin C 500 mg berwarna kuning dan memiliki rasa lemon yang menyegarkan. Vitamin C diperlukan bagi ibu hamil untuk membentuk kolagen di dalam tulang, tulang rawan, otot, kulit, pembuluh darah dan menjaga kesehatan sel. Akan tetapi kebutuhan vitamin C bagi ibu hamil sekitar 80-85 mg per harinya, dan sisanya akan di buang oleh tubuh, sehingga kami sarankan agar dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau ahli medis terkait.

Efek samping terlalu banyak Vitamin C

Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan jika mengonsumsi suplemen vitamin C dalam kadar yang terlalu tinggi (vitamin C megadosis):

  1. Diare
  2. Muntah
  3. Mual
  4. Nyeri ulu hati
  5. Kram dan sakit perut
  6. Insomnia
  7. Batu ginjal
  8. Sakit kepala

Biasanya efek samping tersebut akan mereda segera setelah konsumsi vitamin C dihentikan. Namun perlu diperhatikan, sejumlah penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C terlalu banyak di masa kehamilan, dapat menyebabkan sakit perut dan meningkatkan risiko mengalami kelahiran prematur.

Pada kasus yang sangat jarang terjadi, vitamin C dalam dosis terlalu tinggi berisiko menyebabkan hiperoksaluria, yaitu gangguan kesehatan serius saat asam oksalat yang diekskresikan di dalam urine terlalu banyak sehingga meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

Untuk meminimalkan risiko kelebihan vitamin C, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari beragam sayur dan buah dibandingkan dari suplemen vitamin C. Pastikan juga untuk mengonsumsi minimal satu macam makanan kaya vitamin C setiap harinya, seperti, jeruk, kiwi, atau strawberry.

Meski sebagian besar multivitamin aman untuk dikonsumsi sesuai dosis pada kemasan, namun untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara maksimal dan menghindari efek sampingnya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk dosis yang sesuai kondisi tubuh Anda.

Vitacimin memang mengandung Asam askorbat (vitamin C) yang sangat dibutuhkan untuk wanita hamil, dimana berperan penting selama masa kehamilan, yaitu dapat membantu melindungi dan menjaga kesehatan sel, membentuk kolagen di dalam tulang, otot dan membantu perkembangan janin yang tepat dalam pembentukan jaringan otak bayi.

Hanya saja untuk pemberian dosis vitamin C biasanya sedikit berbeda, dimana untuk dosis vitamin C yang dianjurkan untuk ibu hamil usia 18 tahun ke bawah adalah 80mg per hari, sedangkan untuk usia 18 tahun ke atas adalah 85mg per hari.

Jika anda ingin konsumsi vitamin c kami sarankan bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli medis terkait untuk mendapatkan dosis yang sesuai.
Paket Nasi Kotak Solehaqiqah

Leave a Reply

Your email address will not be published.