Makanan Ibu Hamil 5 Bulan Baik untuk Kesehatan

Makanan Ibu Hamil 5 Bulan Baik untuk Kesehatan

Selama hamil, makanan dan stamina ibu harus wajib terjaga. Terlebih pada usia kehamilan trimester dua dan trimester tiga. Ibu hamil 5 bulan butuh asupan tambahan hingga 300 sampai 500 kalori sehari. Salah makan atau kekurangan nutrisi selama hamil nantinya akan berdampak pada perkembangan bayi. Lalu apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin?

Pada bulan ke-5 besar bayi sudah sepanjang 27 cm dengan berat sekitar 360 gram. Alis dan bulu mata sudah terbentuk sempurna, begitu pula kuku sudah tumbuh menutupi ujung-ujung jarinya. Pada masa ini, makanan sehat untuk ibu hamil tetap sama dengan bulan-bulan sebelumnya, tetapi tambahkan konsumsi kalsium dan vitamin A.
Batic fabric for quilting

Sumber Makanan bergizi untuk Ibu hamil 5 bulan

A. Kalsium

Kandungan kalsium yang terdapat di beberapa menu makananan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalsium akan dibutuhkan oleh ibu hamil di awal pembentukan tulang dan gigi. Dengan kalsium yang cukup maka ibu hamil akan terhindar dari osteoporosis, sehingga mengurangi risiko terjadinya kalsium yang diambil dari tulang.

Untuk sumber kalsium baik ibu hamil, biasanya adalah susu. selain susu juga ada sebagai berikut :

    • Secangkir kacang kedelai rebus tanpa dicampuri gara (261 mg kalsium – makan 3 cangkir setiap hari sudah mendekati kebutuhan kalsium harian)
    • Secangkir yogurt skim susu (488 mg kalsium – maengonsumsinya 2 cangkir perhari sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian)
    • Secangkir yogurt buah tanpa lemak (345 mg kalsium – mengonsumsi 2,5 – 3 cangkir perhari akan memenuhi kebutuhan kalsium harian)
    • Secangkir jus jeruk murni tanpa gula (300 mg kalsium – mengonsumsi 3 cangkir per hari akan mendekati kebutuhan kalsium harian. Namun harap jangan diberikan pada ibu hamil yang memiliki penyakit lambung)
    • Setengah cangkir tahu atau tofu (253 mg kalsium – mengonsumsinya bisa dengan dijadikan lauk pauk selama 3 kali makan dalam sehari)
    • Keju cheddar 1 ons (204 mg kalsium – konsumsi keju chedar bisa dipadukan dengan bahan makanan lain yang mengandung kalsium agar menambah cita rasa dan lebih lengkap gizinya)
    • 3 ons daging ikan salmon kalengan (181 mg kalsium – padukan dengan bahan makanan lain agar kebutuhan kalsium tetap didapatkan)
    • Setengah cangkir bayam (136 mg kalsium – mengonsumsi sayur bayam bisa juga dengan ditambah kalsium dari bahan makanan atau minuman lain setiap hari)
      Sayuran hijau rebus (rata-rata 133 mg kalsium – konsumsi sayuran hijau setiap hari agar sehat dan kebutuhan kalsium terjaga bagi janin)
    • Alpukat 1 buah (120 mg kalsium)
    • Almond panggang 100 gr (75 mg kalsium – gunakan almond sebagai camilan sehat ibu hamil – bisa juga dengan mengonsumsi minyak almond).

B. Vitamin A

Satu hal yang tidak kalah penting dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil 5-6 bulan adalah vitamin A. Sebagian ibu hamil mengalami mata kering pada usia kehamilan ini. Gunakanlah tetes mata atau air mata buatan untuk mengatasinya, dan konsumsilah banyak vitamin A.

Selain baik untuk mata, vitamin ini juga mempengaruhi pembentukan sel darah merah dan kulit. Vitamin ini memiliki 2 bentuk, yaitu beta karoten dan retinol. Namun kita perlu berhati-hati dengan retinol. Kelebihan retinol dapat mengganggu perkembangan bayi. Retinol banyak terdapat pada hati, sehingga hati bukanlah makanan sehat untuk ibu hamil.

Makanan yang mengandung vitamin A terbagi dalam dua bentuk, yaitu retinoid yang ditemukan pada makanan hewani, dan karotenoid yang ditemukan pada makanan nabati.

Pada golongan retinoid, hati sapi merupakan makanan yang mengandung vitamin A paling banyak. Setiap 100 gram hati sapi memiliki lebih dari 4000 mcg RAE (retinol activity equivalent) atau sebutan unit pengukuran khusus yang digunakan untuk vitamin A.

Beberapa makanan hewani lainnya yang mengandung vitamin A antara lain:

  1. Ikan
  2. Keju
  3. Udang
  4. Susu
  5. Telur

Sedangkan makanan yang mengandung vitamin A dari golongan karotenoid (beta karoten) meliputi:

  1. Ubi jalar
  2. Wortel
  3. Kangkung
  4. Brokoli
  5. Paprika merah
  6. Bayam

Beta karoten adalah zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, kadar beta karoten dapat menurun pada beberapa buah dan sayuran seperti kacang polong dan wortel saat dibekukan.

C. Omega 3

Konsumsi juga omega 3 yang akan mendukung perkembangan otak sehingga dapat menunjang janin selama di dalam kandungan. Omega 3 bisa anda dapatkan di berbagai macam bahan makanan seperti ikan salmon, makarel, sardin, telur, sayuran hijau atau kacang kedelai. Anda dapat mempersiapkan kecukupan omega 3 dari bulan ke 1 kehamilan anda.

D. Zat Besi dan vitamin C

Anda dapat mengkonsumsi zat besi yang terdapat di dalam daging, ikan atau hati. Zat besi memiliki fungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga mengurangi resiko terkena anemia. Ibu hamil yang memiliki anemia akan beresiko untuk terjadi perdarahan pada saat melahirkan. Lengkapi pula dengan vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi dan membnatu untuk melindungi jaringan dan membantu anda memberikan antioksidan.

Perlu di ingat bunda, untuk mengonsumsi zat besi tidak boleh bersamaan dengan kopi , susu, atau teh. Karena penyerapannya berkurang hingga 80%. Sebaiknya di konsumsi dengan air jeruk yang akan mengoptimalkan penyerapan zat besi. Jika bunda ingin minum susu , bisa diberi jarak 1 jam setelahnya.

Salam sehat!
Layanan Aqiqah Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published.