Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam? Ini tipsnya

Mie ayam merupakan salah satu menu favorit. Tak terkecuali untuk ibu hamil. Gurihnya mie berpadu dengan potongan ayam yang lezat juga selalu jadi juara. Apalagi jika ada bakso dan pangsit di atasnyaa. Tapi , Bolehkah ibu hamil makan mie ayam?.

Boleh atau tidaknya itu tergantung dengan kandungan dan kebersihan dari Mie itu sendiri Bun. Mie ayam sebenarnya sah-sah saja dimakan oleh ibu hamil. Namun mie ayam tidak boleh dikonsumsi terlalu sering.

Apabila ingin mengonsumsi mie ayam yang jual di pinggir jalan dan tidak terjamin kebersihannya, maka mungkin saja mie tersebut mengandung zat pengawet dan zat pewarna yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan juga janin.

Yuk kita bahas tentang Mie ayam ini!

Kandungan Gizi di Mie Ayam

Ibu hamil boleh saja makan mie ayam, mie ayam juga memiliki beberapa kandungan nutrisi menurut data Angka Kecukupna Gizin (AKG) dalam 1 mangkok mie ayam terdapat :

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam? Ini tipsnya

1. kalori : 421
2. lemak : 18,74 gr
3. karbohidrat : 46,21 gr
4. protein : 16,7 gr
5. sodium : 36 mg
6. kalium : 143 mg

Walaupun demikian, ibu hamil harus pintar memilih jenis sumber gizi, ya. Mie ayam tidka bisa jdikan makanan utama atau makanan yang setiap hari Bunda makan.

Jangan hanya mengandalkan dari satu jenis menu saja. Tetap penuhi kebutuhan nutrisi dari sumber lain termasuk sayur dan buah-buahan.
Layanan Aqiqah Jogja

Alasan ibu hamil tidak boleh makan mie ayam terlalu sering

1. Nutrisi kurang lengkap
Melengkapi kebutuhan gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan memang sangat baik untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. Seperti yang sudah disebutkan bahwa mie ayam mengandung bahan yang tidak lengkap dan jumlah nutrisi yang rendah. Mie ayam mengandung bahan pokok karbohidrat sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak maka bisa menyebabkan peningkatkan kadar gula darah.

2. Terlalu banyak MSG
Semua ibu hamil harus menyadari berbagai bahaya MSG bagi ibu hamil. Konsumsi MSG berlebihan bisa merusak perkembangan otak, meningkatkan risiko penyakit jantung serta merusak sistem sarafnya.
Monosodium glutamate alias MSG dikenal sebagai salah satu bahan aktif untuk menyedapkan masakan. Namun meski nantinya makanan akan terasa lebih enak, tapi efek buruknya juga menyeramkan, Ma.

3. Terlalu banyak garam
Selain MSG maka biasanya mie ayam juga mengandung garam yang terlalu banyak. Ibu harus menyadari bahwa bahaya garam bagi ibu hamil bisa menyebabkan keseimbangan cairan dalam tubuh ibu terganggu. Ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga meningkatkan resiko ibu dehidrasi.

4. Terlalu banyak kandunggan kalori
Mie ayam yang mengandung kalori sangat tinggi memang dianggap cepat mengenyangkan. Namun ketika beberapa lama maka perut ibu pasti akan merasa lapar lagi. Hal ini karena mie ayam kaya dengan kalori dari kandungan karbohidrat. Karena itu mie ayam sering membuat ibu cepat kenyang tapi juga cepat lapar. Bagi ibu yang menderita diabetes maka ini bisa memicu gangguan yaitu naiknya kadar gula darah dengan cepat.

Tips Makan Mie Ayam Sehat

1. Buat bahan mie ayam sendiri di rumah
Bunda juga bisa loh untuk buay mie sendiri di rumah. Dengan teknologi yang sudah canggih bunda bisa mengambil resep dari berbagai sumber seperti google, youtube, atau yang lainnya. Selain lebih sehat, membuat mie sendiri juga lebih terjamin kebersihannya.

Meski rasanya mungkin lebih gurih dan kenyal mie di luar sana, namun mie yang tidak terjamin kebersihannya ini tidak baik bagi kesehatan kehamilan. Selain itu, konsumsi zat-zat seperti ini juga bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit lainnya.

2. Buat mie dari sayuran
Jika ibu ingin makan mie ayam yang sehat maka cobalah untuk membuat mie ayam sendiri. Ibu bisa mencoba membuat mie ayam dari sayuran seperti dari bayam, wortel, sawi, brokoli dan sayuran lain. Bahan dasarnya tetap menggunakan tepung namun jumlahnya dikurangi karena ditambahkan dengan sayuran. Kemudian buah mie ayam sayuran yang habis sekali makan sehingga tidak disimpan terlalu lama. Karena buatan sendiri maka ibu bisa mengurangi bahan tambahan seperti ragi, garam atau pengeras mie.

3. Gunakan kaldu sayuran dan ayam organik
Untuk memberi rasa yang lezat pada mie ayam maka cobalah untuk membuat kaldu dari bahan sayuran dan ayam organik. Jenis kaldu sayuran bisa dibeli di tempat khusus seperti dengan kaldu jamur organik dan bahan kaldu lain. Untuk rasa alami maka buat kaldu cari dari ayam organik.

4. Batasi garam dan tanpa MSG
Jika ibu masih belum bisa menghilangkan garam maka gunakan sedikit saja dan hilangkan semua MSG. Cara ini akan membuat ibu bisa menikmati mie ayam yang lezat namun tetap sehat. Garam tidak boleh berlebihan sehingga tekanan darah ibu tetap normal dan aman untuk janin dalam kandungan.

Nah sekarang Bunda sudah tahu tentang bolehkah ibu hamil makan mie ayam dan bagaimana tips makannya?, Mie mungkin adalah makanan yang tidak bisa sepenuhnya bisa kita tinggalkan. tapi kita dapat memilih untuk mengonsumsi dengan cara yang lebi sehat.

Salam sehat!
Batik fabric for quilting

1 thought on “Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam? Ini tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *